Kebersamaan adalah suatu keindahan yang tak bisah di gantikan

Selasa, 20 Agustus 2013

Obat Alami Asam Urat

By Iman septiawan


Obat Alami Asam Urat Asli Indonesia (Perpaduan Kulit Manggis dan Daun Sirsak)
Kulit Manggis dan Daun Sirsak. Siapa yang tidak kenal dengan kedua bahan alami ini? Sudah tentu anda tau bukan? Namun tahukah anda dalam kulit manggis dan daun sirsak terdapat kandungan yang luar biasa dan mampu menyembuhkan penyakit asam urat? Mungkin dalam hal ini tidak banyak masyarakat yang tau. Dan melalui tulisan ini kami akan menjelaskan apa saja kandungan yang terdapat pada kulit manggis dan daun sirsak, dan bagaimana khasiatnya dalam menyembuhkan penyakit asam urat. Berikut penjelasannya.
Asam Urat
obat alami asam uratObat Alami Asam Urat - Penyakit Asam Urat merupakan penyakit yang menyerang persendian. Dimana kristal kristal kecil yang merupakan hasil dari metabolisme dalam tubuh yang mengandung kadar purin tinggi dan tidak mampu dikeluarkan oleh ginjal melalui urine, sehingga menumppuk pada persendian. Menimbulkan gejala seperti bengkak dan memerah pada jaringan sendi (biasanya menyerang sendi jari jari kaki dan tangan), sendi terasa kaku, dan rasa nyeri yang luar biasa.
Penyakit asam urat disebabkan antara lain karena produksi asam urat karena nutrisi, yaitu mengonsumsi makanan dengan kadar purin yang tinggi. Purin adalah salah satu senyawa basa organik yang menyusun asam nukleat (asam inti dari sel) dan termasuk dalam kelompok asam amino, unsur pembentuk protein. Meningkatnya produksi asam urat juga dapat disebabkan karena obat – obatan, obesitas (kegemukan), hipertensi, hiperlipidemia, dan diabetes mellitus.

Berikut Kandungan dan Khasiat Kulit Manggis dan Daun Sirsak Sebagai Obat Alami Asam Urat

Percayakah Anda Kulit Manggis Mampu Menyembuhkan Asam Urat? Simak Alasannya.
Kulit Manggis
  • obat alami asam uratPada beberapa penelitian para ahli dikatakan, Manfaat kulit manggis sebagai obat alami asam urat berkaitan dengan adanya zat xanthone yang mempunyai fungsi untuk mengurangi terjadinya kerusakan sel sebagai akibat dari adanya radikal bebas dalam tubuh. Manfaat kulit manggis sebagai obat alami asam urat dikarenakan adanya kandungan bahan kimia alami yang digunakan sebagai anti peradangan sehingga ini sangat berguna untuk mengobati penyakit asam urat.
  • Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, kristal asam urat yang telah menumpuk dan mengkristal dalam persendian tubuh dapat dipecah-pecah menjadi bagian yang lebih kecil sehingga dapat dikeluarkan dari tubuh kita melalui urin atau kotoran.
  • Kandungan Protein yang tinggi dapat menyehatkan fungsi ginjal. Dengan begitu, ginjal akan berfungsi dengan baik yaitu menyaring zat purin sebagai pemicu terjadinya asam urat.
  • Kandungan kalsium pada kulit manggis juga sangat baik untuk memperbaiki sel tulang/sendi yang rusak akibat asam urat. Dengan begitu asam urat hilang dan tidak akan kambuh kembali.
Daun Sirsak
obat alami asam uratDaun sisak mempunyai kandungan luar biasa sebagai obat alami asam urat. Menurut pendapat para ahli yang sudah melakukan penelitian pada daun sirsak, dalam daun sirsak terkandung beberapa senyawa yang berkhasiat untuk mengatasi asam urat diantaranya : senyawa tannin, fitosterol, caoksalat, dan alkaloid murisine. Daun Sirsak juga memiliki efek diuretic (peluruh kencing) yang membuat sekresi asam urat melalui urine dapat berjalan lancar. Daun sirsak memiliki sifat anti-inflamasi (menekan peradangan) serta meredakan rasa nyeri yang timbul akibat terbentuknya kristal-kristal asam urat.


Pantangan Makanan Penderita Asam Urat

Berikut adalah pantangan makanan pengidap Asam Urat, Diantaranya:
  • Alkoho : Bir dan anggur (Wine) bisa memperburuk goat karena memiliki kandungan purin yang tinggi. Purin adalah zat yang akan terurai manjadi asam urat
  • kafein : Dan Soda Kafein yang mengandung kafei, seperti kopi dan teh, serta minuman berkarbonasi seperti soda dan beberapa minuman ringan lain mengandung purin dalam jumlah tinggi. Minuman ini harus di hindari oleh penderita gout.
  • Ikan : Beberapa jenis ikan dan kerang di ketahui bisa menyebabkan asam urat (gout) seperti trout, haddock, salmon, herring sardines, mussels, udang, ikan teri, dan scallops.
  • Daging : yang tinggi purin tidak boleh di konsumsi dalam jumlah besar oleh orang yang menderita asam urat (gout).
  • Sayuran : Beberapa sayuran yang mengandung purin dalam jumlah tinggi sebaiknya dihindari seperti jamur, kembang kol, bayam, asparagus, dan kacang polong.
  • Makanan Lain : Makanan yang terbuat dari ragi seperti roti, saus krim, kaldu, dan kacang-kacangan harus dihindari karena mengandung purin yang tinggi.

ADAPUN RESEP RESEP LAINYA SEBAGAI BERIKUT

RAMUAN OBAT TRADISIONAL UNTUK MENGOBATI ASAM URAT

Resep Obat Asam Urat 1


 

Bahan :
Biji seledri 2 gr
Air bersih 110 ml
Cara Membuat
Ambil biji seledri, lalu cuci biji seledri sampai bersih, rebus dengan 110 ml air bersih dan biarkan hingga mendidih selama 15 menit, saring.
Minum ramuan sehari satu kali.


Resep Obat Asam Urat 2


Bahan :
Bunga rosella kering 3-5 kelopak
Air panas 200cc
Madu atau gula batu secukupnya
Cara Membuat
Ambil bunga rosella, lalu cuci sampai bersih. Seduh dengan air panas, tambahkan madu atau gula batu.
Minum ramuan herbal rosella setiap hari selama sau bulan.


Resep Obat Asam Urat 3


Bahan :
mengkudu
Air bersih
Jahe secukupnya
Kunyit secukupnya
Kapulogo secukupnya
Cengkeh secukupnya

Daun sirih
Kayu manis
Cara Membuat
Cuci sampai bersih mengkudu, jahe, kunyit, kapulogo. Agar sari patinya cepat kaluar, potong jahe, kunyit, kapulogo ukuran sedang. Setelah itu peras bauh mengkudu mask untuk diambil airnya. Tambahkan jahe, kunyit, kapulogo, cengkeh, daun sirih, serta kayu manis. Rebus dengan air bersih menggunakan api sedang selama 20 menit.
Minum ramuan ini setiap pagi setelah bangun tidur. Setelah itu jangan makan apapun sampai selama ½ jam kedepan.


Resep Obat Asam Urat 4


Bahan
Daging buah mahkota dewa 5 gr
Akar sidaguri 15 gr
Sambiloto kering 10 gr
Air bersih 5 gelas
Cara Membuat
Cuci sampai bersih buah mahkota dewa, akar sidaguri. Lalu rebus semua bahan dengan 5 gelas air bersih, biarkan hingga tinggal 3 gelas, dinginkan, saring.
Minum ramuan sehari tiga kali setiap sebelum makan, tiap minum sebanyak 1 gelas.


Resep Obat Asam Urat 7


Bahan
Daun kumis kucing 4-5 lembar
Herbal meniran 4-5 tanaman
Air bersih
Cara Membuat
Cuci sampai bersih daun kumis kucing, herbal meniran. Lalu rebus dengan air bersih, biarkan hingga tinggal setengahnya.
Minum ramuan sehari beberapa kali.


Resep Obat Asam Urat 8


Bahan
Daun sirsak setengah tua tapi masih hijau 6-10 lembar
Air bersih 2 gelas
Cara Membuat
Ambil daun sirsak, lalu cuci sampai bersih, setelah itu rebus dengan 2 gelas air bersih hingga tinggal 1 gelas.
Minum ramuan sehari dua kali.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar